Apa yang membuat perusahaan besar di Indonesia tetap kompetitif meski sudah lama berdiri? Jawabannya tidak hanya terletak pada inovasi produk. Mereka menerapkan berbagai jenis-jenis pemasaran online yang relevan pada era digital ini. Rata-rata perusahaan di Indonesia mengambil keuntungan dari peluang pemasaran digital agar bisnisnya tidak tertinggal.
Perkembangan teknologi dan penggunaan
internet yang kian intens telah mengubah strategi pemasaran secara signifikan.
Pemasaran tradisional berupa iklan televisi, radio, dan cetak kini mulai
tergeser oleh pemasaran online yang lebih efektif.
Pertanyaannya, apa saja metode pemasaran online yang kerap
dimanfaatkan oleh bisnis pada masa kini? Simak artikel ini untuk mengetahui
jawabannya!
Pengertian Pemasaran Online
Pemasaran online merupakan
strategi pemasaran yang menggunakan internet dan media digital untuk
mempromosikan produk barang atau jasa suatu bisnis. Pemasaran online
menggunakan berbagai jenis platform berupa website, media
sosial, e-mail, iklan digital, dan platform lainnya.
Beberapa ahli pemasaran mengungkapkan
definisi pemasaran online sesuai pandangannya. Heidrick dan
Struggles berpendapat bahwa pemasaran online menggunakan
segala jenis perkembangan di dunia digital untuk mengiklankan secara tidak
terlalu heboh tetapi membawa dampak signifikan. Ridwan Sanjaya dan Josua
Tarigan mendefinisikan pemasaran online sebagai promosi
dan branding menggunakan berbagai media pendukung.
Manfaat Pemasaran Online
Pemasaran online memberikan
banyak manfaat bagi bisnis. Berikut beberapa manfaat yang dirasakan oleh bisnis
ketika menerapkan pemasaran online.
1. Menargetkan Konten atau Iklan Lebih Akurat
Pemasaran online memungkinkan
kamu untuk mengatur iklan digital agar bisa sampai kepada target audiens yang
telah ditentukan sebelumnya. Pengaturan ini dilakukan berdasarkan usia, jenis
kelamin, lokasi, dan sebagainya. Konten atau iklan yang diberikan jadi tepat
sasaran dan strategis dalam mencapai tujuannya.
2. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan
Pemasaran online mampu
menjangkau lebih banyak audiens daripada pemasaran tradisional. Saat ini,
banyak orang yang mencari produk secara online sehingga
muncullah berbagai strategi pemasaran digital yang efektif. Bisnis berpotensi
mendapatkan lebih banyak pelanggan setiap harinya melalui strategi pemasaran
ini.
3. Mengukur Performa Iklan Lebih Mudah
Pemasaran online akan
menunjukkan hasil atau performa strategi yang telah dijalankan berupa laporan
yang jelas dan mudah dipahami. Contohnya, platform Google Ads akan memberikan
laporan yang berisi jumlah orang yang melihat iklan, jumlah iklan diklik, dan
jumlah orang yang membeli produk. Bisnis bisa mengukur keberhasilan iklan dan
melakukan evaluasi secara berkala.
4. Menghemat Biaya Pemasaran
Pemasaran online lebih
efektif dari segi biaya dibandingkan pemasaran tradisional. Kamu hanya
memerlukan perangkat dan sinyal internet untuk memasarkan iklan atau konten
pemasaran yang telah dibuat. Biaya pemasaran online juga bisa
disesuaikan anggaran yang dimiliki agar memberikan hasil yang maksimal.
Jenis-Jenis Pemasaran Online yang
Efektif dan Bisa Dicoba
Setelah memahami manfaatnya, kamu
pasti tertarik untuk menerapkan strategi ini. Pemasaran online memiliki
beberapa jenis yang bisa kamu coba. Berikut jenis pemasaran online yang
banyak digunakan oleh perusahaan Indonesia.
1. Content Marketing
Content marketing merujuk pada unggahan konten informatif dan bernilai dalam
bentuk artikel blog, video, atau gambar. Konten harus dipublikasikan secara
konsisten serta mempertimbangkan target audiens bisnis. Content
marketing mampu meningkatkan reputasi bisnis sehingga lebih dipercaya
dibandingkan kompetitor lainnya dalam satu industri. Metode pemasaran ini tidak
membutuhkan biaya apa pun, tetapi bisa menarik perhatian konsumen.
2. Search Engine Optimization
Search Engine Optimization (SEO) merupakan metode pemasaran yang bertujuan untuk
menargetkan peringkat teratas dari halaman hasil pencarian atau Search
Engine Result Page (SERP). Strategi ini dilakukan melalui pembuatan
konten menggunakan keyword dan mengoptimasi website agar
bersifat SEO-friendly. SEO sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas
merek di dunia maya secara organik.
3. Search Engine Marketing atau Pay-per-Click (PPC)
Selain SEO, ada pula Search
Engine Marketing yang dilakukan secara berbayar. Dalam strategi ini,
bisnis memasang iklan yang muncul pada bagian atas SERP. Biaya iklannya
tergantung pada jumlah klik yang diterima sehingga disebut “pay–per–click“.
Strategi ini sangat efisien dari segi waktu karena iklanmu langsung ditemukan
oleh pengguna internet. Kamu hanya perlu meriset kata kunci dan penargetan
audiens untuk meningkatkan potensi keberhasilan iklannya.
4. Social Media Marketing
Media sosial pada saat ini sudah
banyak digunakan sebagai saluran pemasaran online. Kamu bisa
membuat unggahan di media sosial dan mengiklankannya agar bisa menjangkau lebih
banyak audiens. Jenis platform media yang digunakan tergantung
pada spesifikasi audiens kamu. Contohnya, Instagram lebih efektif untuk audiens
berusia 25-29 tahun, sementara orang berusia 40 tahun ke atas lebih ideal jika
dijangkau melalui Facebook.
5. Affiliate atau Influencer Marketing
Strategi ini sudah digunakan sejak
pemasaran tradisional, tetapi jauh lebih efektif menggunakan pemasaran online.
Kamu cukup bekerja bersama afiliasi atau influencer untuk
memasarkan produk atau layanan. Influencer marketing lebih
efektif karena kamu bisa meningkatkan jangkauan audiens melalui penambahan
audiens dari influencer yang diajak bekerja sama. Mereka
juga bisa membuat konten yang jauh lebih menarik dan sesuai target penggunanya.
6. E-mail Marketing
E-mail marketing lebih ideal apabila kamu sudah memiliki basis pelanggan.
Kamu bisa mengirimkan e-mail berisi promosi, perilisan produk
baru, acara khusus, bahkan artikel yang bisa membantu mereka. Kamu harus
memberikan nilai dalam setiap e-mail yang dikirimkan agar
mereka tertarik dan mulai membeli produkmu. Kamu juga bisa membuat penawaran
eksklusif yang belum tentu ditemukan di tempat lain.
7. Video Marketing
Terakhir, ada video marketing yang
dianggap lebih menarik di mata audiens. Kamu bisa membangun hubungan emosional
bersama pelanggan sehingga pesan yang disiarkan lebih mudah diterima dan
diingat daripada teks atau gambar biasa. Media sosial kini mengutamakan konten
video untuk meningkatkan jangkauan sehingga peluang keberhasilannya lebih
tinggi. Jenis video yang dibuat bisa berupa siaran langsung (live)
maupun rekaman.
Itulah jenis-jenis pemasaran online yang
menjadi andalan perusahaan Indonesia pada masa kini. Perlu diingat kalau
pemasaran online tidak hanya mempromosikan produk, tetapi juga
memengaruhi reputasi merek di dunia maya. Oleh karena itu, kamu juga harus
fokus membangun kesadaran merek (brand awareness) dalam pemasaran online.
Ikutilah kelas Analisis Brand pada Media Digital agar
bisnismu makin dikenal di dunia maya. Kembangkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar